Sistem Menarik Tax Free Saat Berwisata Di Jepang

Sistem Menarik Tax Free Saat Berwisata Di Jepang

Melakukan perjalanan wisata tentunya sangat menyenangkan, namun sebelum mempersiapkan koper Anda, ada baiknya Anda melihat lagi pembukuan Anda, apakah uang saku Anda mencukupi atau bahkan kurang banyak.

Berwisata di negeri sendiri tentunya berbeda dengan berwisata di Jepang, selain berbeda Bahasa, mata uang dan sistem perpajakan yang digunakan pun berbeda. Di jepang, setidaknya terdapat 2 jenis pembebasan pajak, yang mana akan membebaskan Anda dari pungutan pajak pemerintah dan pajak konsumsi.

Dapatkan Informasi Perpajakan Terupdate Di Kantor Konsultan Pajak Jakarta

Sampai September 2016, beberapa toko bebas bea yang terdapat di luar bandara, termasuk Ginza-Mitsukoshi, Tokyu Plaza, Galleria Okinawa yang terletak di Okinawa. Jika Anda ingin membeli oleh-oleh bebas pajak, maka Anda bisa mencari toko yang memiliki bendera atau stiker dengan tanda tax free Badan Pariwisata Jepang.

Siapa Saja yang Berhak Mendapatkan Tax Free Di Jepang?

Kecuali para wisatawan internasional yang menetap di Jepang dalam jangka waktu cukup lama, pada dasarnya semua wisatawan memenuhi persyaratan untuk mendapatkan fasilitas pembebasan pajak. Sedangkan mereka yang telah menetap di Jepang selama 6 bulan berturut-turut, bekerja di Jepang, memiliki kewarganegaraan Jepang, tidak memenuhi persyaratan untuk mendapatkan tax free. Selain itu, setidaknya ada 4 syarat lainnya, jika Anda ingin mendapakan pembebasan pajak selama berwisata di Jepang, sebagai berikut ini:

  • Belilah barang di toko yang sudah ditunjuk dengan melihat tanda pembebasan pajak konsumsi diizinkan
  • Benda yang dibeli dan dikenakan pembebasan pajak adalah barang pribadi yang digunakan pribadi bukan untuk keperluan penjualan
  • Barang bukan makanan seperti kebutuhan sehari-hari (pakaian, jam tangan dll) diwajibkan untuk dibawa keluar Jepang selambat-lambatnya 6 bulan dari tanggal Anda berwisata di Jepang
  • Barang seperti kosmetik, makanan, air minum dan obat-obatan harus dibawa keluar Jepang dalam waktu satu bulan dari tanggal pembelian

Harga Barang Bebas Pajak Di Jepang

Dalam beberapa kasus, Anda diwajibkan untuk membeli barang dengan total harga ¥10.001 bahkan lebih dalam sehari di toko yang memberikan penawaran pembebasan pajak. Barang umum yang diizinkan adalah barang bukan konsumsi, seperti aksesoris, jam tangan, pakaian, peralatan listrik rumah dll. Sedangkan barang konsumsi yang ingin dibeli seperti makanan, obat-obatan dan kosmetik nilai pembeliannya harus lebih dari ¥5.001 dan juga kurang dari 500 ribu yen.


Comments are closed