Autism Spectrum Disorder

Autism Spectrum Disorder (ASD) adalah sebagai situasi anak di mana ada 3 ketidakmampuan yang bertolak belakang yaitu ketidakmampuan dalam berinteraksi secara sosial, hambatan berkomunikasi, dan keterlambatan keterampilan bahasa dan kognitif. Kelainan perilaku masing-masing penderita ASD tidak selalu sama. Pada sejumlah anak mungkin kelainannya ringan, namun pada beberapa lain barangkali kelainannya berat. Perbedaan-perbedaan pada anak autisme ini seringkali bisa diketahui sebelum anak berusia 3 tahun.

Orang tua yang mempunyai anak penderita autistik usahakan nenerapkan pilihan terapi yang dapat meningkatkan keterampilan fungsional anak serta meminimalisir gangguan dan hambatan autisme. Berikut ialah beberapa terapi anak autis di rumah yang bisa dilakukan.

Autism Spectrum Disorder

Cara Merawat Autism Spectrum Disorder

• Berikan pujian anak autisme

orang tua yang mempunyai anak penderita autistik usahakan nenerapkan pilihan terapi yang dapat meningkatkan keterampilan fungsional anak serta meminimalisir gangguan dan hambatan autisme. Berikut ialah beberapa terapi dirumah yang dapat dilakukan pada anak autis.

• Membantu anak mengenal dunia luar

Seorang anak autis mesti dapat bersosialisasi dengan baik sampai-sampai mereka tidak boleh hanya mengenal baik lingkungan rumahnya. Jangan biarkan anak autis menjadi paling pendiam dan pemalu. Orangtua dapat membantu anak mengenal dunia luar secara perlahan, contohnya dengan pergi ke sekolah atau bermain dengan anak sebayanya.

• Mengajarkan bekerjasama

Anak autis banyak sekali akan susah untuk mengerjakan atau mengorganisir hal dan akan mengalami kendala saat melakukan pekerjaan yang menuntutnya bekerja sama dengan kelompoknya. Agar anak nantinya tidak bingung dan merasa kesulitan, sebagai orang tua mesti mengajarkan bagaimana ia mesti berkolaborasi dengan baik. Orangtua dapat coba melakukannya dirumah, contohnya saat kita akan merapikan tempat tidur, ajaklah anak guna berbagi tugas walaupun kecil dan sedikit. Langkah ini supaya anak autis tidak manja dan tidak jarang minta pertolongan orang lain. Bahkan teknik ini juga dilaksanakan sebagai teknik mengatasi anak manja.

• Melatih anak untuk dapat berkonsentrasi

Anak yang mempunyai gangguan autis seringkali ada kendala untuk dapat berkonsentrasi. Mereka sangat gampang terganggu dengan lingkungan sekitarnya. Orangtua dapat mulai mengajari anak bagaimana berkonsentrasi dan mencoba sejumlah terapi wicara khusus anak autis. Jangan mengajari berkonsentrasi terlampau berat, orangtua dapat mulai dengan yang simpel terlebih dahulu. Misalnya ketika sedang mencuci sesuatu, orangtua dapat coba menyuruhnya guna ikut serta. Berikan intruksi untuk mengerjakan suatu urusan yang membuatnya bergerak, orangtua dapat lihat seberapa fokus kah anak guna mendapatkan instruksi dengan benar.


Comments are closed